Skip to main content

Cara Terapi Kesehatan Kaki - Bab 10

Cara Terapi Kesehatan Kaki

Cara Terapi Kesehatan Kaki

Pada bab sebelumnya telah diuraikan terapi pijat refleksi kaki dan entakan kaki sebagai terapi untuk menjaga, mencegah sekaligus menyembuhkan berbagai keluhan penyakit. 

Pada bab ini akan menjelaskan dua metode yang sebenarnya mudah, murah dan bisa dilakukan kapanpun.

Metode ini cukup sederhana namun orang modern banyak yang mengabaikannya, padahal dewasa ini orang semakin rentan terkena berbagai penyakit.

Temukan solusi terbaik untuk kesehatan Anda : KLIK DISINI

Metode yang dimaksud adalah berjalan kaki dan merendam kaki dengan air hangat. 

Saran sebuah studi yang diterbitkan jurnal medis Neurology menyatakan jalan kaki kemungkinan dapat mencegah otak mengalami penyusutan dan membantu memelihara daya ingat. 

Berjalan kaki lebih baik dengan bertelanjang kaki atau alas kaki dari kulit yang tidak mengandung isolator listrik agar terjadi kontak antara tubuh dan bumi atau sering disebut grounding. Cara Terapi Kesehatan Kaki.

A. Grounding

Padanan kata dari grounding atau mentanah atau membumi (earthing) didefinisikan sebagai bertelanjang kaki di atas tanah, baik itu berupa lum- pur, rumput, pasir, atau beton (terutama ketika lembap atau basah). 

Bila melakukan grounding pada bumi yang banyak mengandung elektron, maka akan terjadi peningkatan keseimbangan sistem saraf simpatis dan para simpatis. 

Berikut adalah beberapa manfaat grounding:

1. Grounding: Kunci Mekanisme Tubuh Menjaga Kesehatan

Zaman dulu orang bepergian tanpa alas kaki atau alas kaki yang berbahan kulit, dan ternyata mengandung manfaat besar, ini yang disebut sebagai efek grounding, karena terdapat fakta bahwa dengan menerima gelombang elektron dari tanah, akan berpotensi membantu penyembuhan. 

Bumi merupakan sumber alami elektron dan medan listrik yang tak kentara, sangat penting dalam mengaktifkan sistem kekebalan tubuh, sirkulasi, sinkronisasi bioritme serta proses fisiologis lainnya.

Metode ini ternyata cukup efektif dan mudah untuk mendapatkan antioksidan.

Ilmu pengetahuan modern telah mendokumentasikan secara menyeluruh tentang hubungan antara peradangan dan semua penyakit kronis, termasuk penyakit dan proses penuaan itu sendiri. 

Penting untuk memahami bahwa peradangan adalah suatu kondisi yang dapat dikurangi atau dicegah dengan melakukan grounding ke Bumi, cara ini ternyata juga dilakukan dari generasi ke generasi oleh nenek moyang kita. Cara Terapi Kesehatan Kaki.

2. Grounding sebagai Terapi Anti-Oksidan dan Anti-Inflamasi 

Bumi bermuatan sedikit negatif, jadi ketika kita berdiri tanpa mengenakan alas kaki di pasir, elektron dari bumi akan mengalir ke dalam tubuh, memberikan sebuah "transfusi" virtual dari kekuatan penyembuhan.

Sebuah testimoni dari Step Sinatra, putra seorang ahli jantung Stephen Sinatra MD. 

Step adalah seorang trader di Wall Street, suatu hari secara tiba-tiba kesehatannya mulai menurun, dan membawanya ke tepi jurang kematian. 

Setelah mencoba berbagai pengobatan, akhirnya Step memercayakan pemulihan kesehatannya pada teknik grounding, bersamaan dengan itu ia juga mulai beralih ke diet organik sepenuhnya. 

Testimoni ini dapat disaksikan pada film dokumenter The Grounded 2, adalah film sekuel dari The Grounded, yang dirilis pada tahun 2013.

Kejadian inilah yang menginspirasi sang ayah pada tahun 2010, Dr. Stephen Sinatra bersama dengan Clint Ober merilis buku tentang kekuatan penyembuhan grounding yang diberi judul Earthing: The Most Important Health Discovery Ever? (Membumi: Penemuan Kesehatan Paling Penting yang Pernah Ada?). Cara Terapi Kesehatan Kaki.

3. Sepatu Modern sebagai Penghambat Proses Grouding 

Material seperti logam adalah konduktor listrik. 

Mereka mengandung elektron bebas atau bergerak, yang dapat membawa energi listrik dari satu tempat ke tempat lainnya. 

Tubuh manusia sedikit bersifat konduktif karena mengandung sejumlah besar ion bermuatan (disebut elektrolit) yang larut dalam air. 

Oleh karena itu darah dan cairan tubuh lainnya merupakan konduktor yang baik.

Elektron itu bebas dan dapat berpindah di dalam tubuh.

Secara tradisional, sepatu yang terbuat dari kulit, bisa mengalirkan elektron sehingga mempertahankan kontak konduktif antara Bumi dan kaki.

Namun, karet modern dan plastik adalah isolator listrik, oleh karena itu bisa menghalangi aliran elektron yang menguntungkan dari Bumi ke tubuh. Cara Terapi Kesehatan Kaki.

4. Grounding sebagai Aspek Mendasar bagi Kesehatan Optimal 

Tekanan radikal bebas dari paparan polusi merkuri, rokok, insektisida, pestisida, lemak trans, radiasi, dan banyak lainnya, terus menguras elektron dari tubuh Anda.

Inilah salah satu alasan utama mengapa antioksidan yang digunakan, benar-benar mampu menyumbangkan elektron kembali ke dalam tubuh, untuk membantu menangkal radikal bebas yang merusak jaringan tubuh.

Untuk mendapatkan elektron ini bisa dilakukan dengan pergi ke luar, dan berjalan bertelanjang kaki. 

Menyentuh bumi membantu menetralkan dampak muatan positif radikal bebas yang ada dalam tubuh. 

Menurut Clint Ober, kurangnya latihan grounding bisa menjadi penyebab sebagian besar penyakit kronis, sebuah fenomena yang ia sebut "sindrom defisiensi elektron.

5. Pengaruh Grounding pada Kesehatan

Ketika tubuh banyak terpapar radikal bebas, darah cenderung menebal (mengental), dan muatan positif terakumulasi dalam tubuh Anda. 

Hal ini menyebabkan peradangan kronis, yang merupakan ciri khas dari kebanyakan penyakit kronis dan degeneratif.

Grounding efektif membantu mengurangi peradangan dalam tubuh, juga membantu mengencerkan darah, dengan menyediakan sel-sel darah merah. 

Sejumlah besar elektron secara efektif melepaskan diri satu sama lain dan menghindari terjadinya pengentalan, yang dapat menyebabkan penggumpalan darah sehingga menimbulkan serangan jantung atau stroke. Cara Terapi Kesehatan Kaki.

6. Bumi Bisa Mencapai Aliran Darah dan Mengubah Sel-Sel Darah.

Untuk kasus ini kita ambil contoh pil KB pada awalnya (saat ini juga masih ada beberapa) terkenal menyebabkan serangan jantung pada wanita. 

Salah satu mekanisme yang bertanggung jawab atas peningkatan risiko ini adalah, estrogen sintetis dan progesteron yang meningkatkan viskositas darah.

Perubahan biokimia lain yang disebabkan oleh grounding, termasuk di antaranya:

  • Fosfor
  • Metabolisme kalsium
  • Metabolisme fibroid
  • Sel darah putih

Grounding membantu menenangkan sistem saraf simpatik, dengan mendukung variabilitas detak jantung, yang berperan penting dalam menyeimbangkan sistem saraf otonom. 

Lenyapnya rasa sakit, peningkatan kualitas tidur, dan meningkatnya kualitas kesehatan hanyalah beberapa manfaat kesehatan yang dilaporkan oleh orang-orang yang telah mencoba teknik grounding.

Ketika melakukan grounding, elektron bermuatan negatif yang diterima tubuh bisa meningkatkan struktur air di dalam sel-sel, seperti baterai yang di recharge (isi ulang). Gerald Pollack, PhD, dalam bukunya, The Fourth Phase of Water: Beyond Solid, Liquid, and Vapor, Living Water is Negatively Charged Water. 

Air dapat menyimpan energi, seperti baterai, dan juga dapat memberikan energi. 

Intinya, ketika grounding, Anda mengisi setiap sel dalam tubuh dengan energi tubuh yang dapat digunakan untuk penyembuhan diri. Cara Terapi Kesehatan Kaki.

7. Bagaimana Sebaiknya Melakukan Grounding? Indoor atau Outdoor? 

Berjalan tanpa alas kaki merupakan salah satu cara termudah dan terbaik serta tetap membumi, namun Anda harus melakukannya pada permukaan yang tepat. 

Banyak jenis permukaan jalan di dunia modern sekarang ini yang tidak memungkinkan terjadinya perpindahan elektron antara bumi dan tubuh. 

Termasuk di antaranya aspal, kayu, karet, plastik, vinyl, tar, dan tarmac.

Permukaan yang memungkinkan tubuh tetap terhubung dengan tanah meliputi:

  • Pasir (pantai)
  • Rumput (sebaiknya lembap)
  • Tanah kosong
  • Beton dan batu bata (selama itu tidak dicat atau disegel)
  • Ubin keramik

Grounding bisa dilakukan di mana pun, di dalam ruangan, dan bahkan saat terbang sekalipun. 

Jika di dalam ruangan Anda bisa menggunakan satu tangan menyentuh keran sementara satu tangan lainnya mencukur kumis. 

Atau saat terbang Anda bisa melepaskan sepatu dan menempatkan kaki (bertelanjang kaki atau dengan kaus kaki) pada bilah baja penopang kursi di depan Anda, karena hal ini juga bisa membantu Anda tetap grounding. 

Ada juga bantalan grounding yang dapat digunakan tidur ataupun duduk, yang sangat bermanfaat jika tinggal di sebuah gedung bertingkat tinggi. Cara Terapi Kesehatan Kaki.

8. Grounding: Hal Pentingbagi Kehidupan dan Kesehatan

Sangat penting untuk memahami bahwa grounding bukanlah penyembuhan atau obat untuk penyakit maupun gangguan kesehatan. 

Sebaliknya, ia adalah salah satu mekanisme kunci yang digunakan tubuh untuk mempertahankan keseimbangan dan kesehatan. 

Tubuh manusia memerlukan kontak terus-menerus dengan Bumi, karena tubuh membutuhkan pertukaran energi berkelanjutan agar dapat berfungsi dengan baik.

Berolahraga tanpa mengenakan alas kaki di luar ruangan, merupakan salah satu cara yang paling menarik, murah, dan kuat, memasukkan grounding dalam kehidupan sehari-hari. 

Ketika berada di luar ruangan, Anda juga dapat melepas sepatu untuk mengambil manfaat dari grounding alami.

B. Merendam Kaki dengan Air

Praktik merendam kaki dengan air panas adalah satu metode perawatan kesehatan yang populer di kalangan masyarakat Cina.

Pengobatan Tradisional Cina (TCM) merekomendasikan rendam kaki dengan air panas setiap hari untuk meningkatkan sirkulasi darah dan mengurangi kemungkinan demam hingga mereda lebih awal. 

Terapi rendam kaki dengan air panas dengan menggunakan serangkaian perawatan kesehatan terdiri dari pemanasan, mekanis, dan kimia air serta efek penyembuhan dari uap obat dan medis pengasapan.

Kaki adalah jantung kedua tubuh manusia begitu menurut pengobatan tradisional Cina (TCM), karena kaki dapat dijadikan barometer yang mencerminkan kondisi kesehatan badan. Cara Terapi Kesehatan Kaki.

Ada banyak titik akupunktur di telapak kaki dan enam meridian (hati, empedu, kandung kemih, ginjal, limpa dan perut) ada di kaki. 

Merendam kaki dalam air panas dapat mengambil alih fungsi herbal untuk memanaskan seluruh tubuh, meningkatkan sirkulasi darah ke bagian atas tubuh dan juga melepaskan tekanan. 

Praktik ini juga dapat mencegah "Angin Dingin" masuk ke dalam tubuh di saat musim dingin. 

Merendam kaki dengan ramuan herbal sangat berguna untuk proses penyerapan unsur-unsur yang baik melalui kulit menuju saluran energi yang dilanjutkan ke bagian tubuh yang membutuhkan.

Caranya, kaki direndam dalam baskom yang agak dalam, lebih dari 15 cm, sehingga betis bisa terendam sebagian, dengan suhu antara 40° celsius. 

Proses ini akan menimbulkan efek nyaman, terus tambahkan air untuk mempertahankan suhu. 

Sebaiknya merendam kaki ini dilakukan hingga mengeluarkan keringat. 

Idealnya perendaman kaki ini rutin dilakukan sehari sekali.

Keluarkan kaki Anda saat mulai berkeringat sedikit, dalam 15-30 menit. 

Berkeringat menunjukkan saluran energi tidak lagi berkembang. 

Berkeringat terlalu banyak tidak baik karena pemborosan energi yang terlalu banyak. 

Orang yang sehat biasanya mulai berkeringat dalam sekitar 20 menit, mungkin diperlukan lebih lama untuk mereka yang memiliki aliran energi. 

Praktik ini juga merupakan cara yang baik untuk mencegah stroke. Cara Terapi Kesehatan Kaki.

Belanja Seru

Popular posts from this blog

Cara Mudah Mendeteksi Penyakit dari Tampilan Tubuh - Bab 3

Mendeteksi Penyakit dari Tampilan Tubuh  Mungkin kita sering terjangkit flu, sakit kepala, masuk angin atau penyakit-penyakit yang dianggap ringan.  Cukup minum obat yang dijual bebas, maka sakit itu pun sembuh atau minimal berkurang.  Tapi Anda perlu berhati-hati dan tidak menganggap enteng penyakit-penyakit ringan ini. Seputar Garis Tangan, Kepribadian dan Kesehatan. Biasanya, sebelum mendapatkan sakit berat selalu ada gejala-gejala yang muncul secara fisik maupun emosional.  Coba kita perhatikan gejala-gejala yang diuraikan pada tabel berikut (Michael N, 2010:77): Saya kira salah satu dari gejala-gejala di atas sering Anda alami, untuk itu waspadalah.  Karena bila Anda sakit bukan Anda saja yang menderita tetapi juga orang-orang yang terdekat dengan Anda. Pendekatan ilmu akupunktur berbeda dengan ilmu medis yang menentukan penyakit berdasarkan kuman, virus atau bakteri. Seputar Garis Tangan, Kepribadian dan Kesehatan. Dalam akupunktur khususnya akupresur penyakit ditentukan oleh b

Cara Mudah Mengetahui Seputar Garis Tangan, Kepribadian dan Kesehatan - Bab 2

Seputar Garis Tangan, Kepribadian dan Kesehatan Seringkali garis tangan sering dijadikan sarana untuk meramal nasib.  Tapi di bab ini hanya akan membahas kaitan antara garis tangan dengan kesehatan dan emosi. Setiap orang memiliki garis tangan yang berbeda-beda, namun secara garis besar terdiri dari tiga garis utama, yakni: Garis kehidupan : Garis ini melintang antara ibu jari dan jari telujuk, jalur saraf yang dilaluinya adalah paru-paru, saluran ginjal, kelenjar adrenal. Garis budi : Garis ini dari jari telunjuk melintang melawati jalur usus besar, jalur saraf yang dilaluinya adalah usus besar dan hati. Garis emosi : Garis ini dimulai dari jari kelingking melintang melalui jalur jantung dan usus kecil. Jalur saraf yang dilaluinya adalah usus kecil, ginjal, dan kandung kencing. Seperti telah dijelaskan pada sub bab terdahulu bahwa pada tangan ada titik-titik saraf menuju organ pada telapak tangan. Garis tangan akan memijat secara permanen pada titik-titik saraf ini, sehingga kondisi o

Cara Mudah Mengetahui Zona Refleksi / Accupoint pada Telapak, Punggung Tangan dan Kaki - Bab 4

Zona Refleksi / Accupoint pada Telapak, Punggung Tangan dan Kaki #4 Titik-titik akupunktur (accupoint) telah ditemukan oleh tabib dari Cina ratusan bahkan ribuan tahun lalu, begitu pula dengan zona refleksi yang dipercaya telah dipraktikkan sejak zaman kuno. Dalam tubuh terdapat 12 jalur atau meridian saraf yang masing-masing berhubungan dengan tiap-tiap organ tubuh kita. Enam (6) jalur di antaranya melalui tangan kita. Jalur paru-paru : Dimulai dari titik sau sang yang terdapat di sisi luar pergelangan atas ibu jari. Jalur paru-paru ini berhubungan erat dengan paru-paru atau bronchi yang mengatur pernapasan. Titik ini bila dipijat merasa sakit, berarti terkena flu, asma, infeksi bronchus, dsb. Bila ibu jari kanan yang sakit, berarti organ pernapasan sebelah kanan mengalami gangguan. Demikian juga ibu jari kiri bersangkutan dengan pernapasan sebelah kiri. Jalur Usus Besar : dimulai dari titik Sang Yang, terletak di bawah kuku jari telunjuk. Titik ini bila dipijat merasa sakit, berarti

Cara Mudah Mengetahui Hubungan Tangan dengan Organ Tubuh - Bab 1

Hubungan Tangan dengan Organ Tubuh Jika ditanya bagian tubuh mana sih yang paling sering digunakan, kaki / tangan? Sebagian besar orang pasti akan menjawab tangan. Tangan adalah organ vital manusia yang terdiri dari susunan tulang, otot, saraf, aliran darah, daging juga kulit.  Tangan sebenarnya mengandung aliran elektris yang hanya terekam oleh foto krilin (aura) atau sejenisnya, selain itu, organ serbaguna ini juga punya aliran energi yang dalam ilmu akupunktur dikenal dengan meridian . Banyaknya aktivitas dalam kehidupan yang menggunakan tangan menandakan kuatnya koneksi antara tangan dan otak. Hubungan Tangan dengan Organ Tubuh. Kuatnya koneksi tangan & otak ini memungkinkan tangan untuk dijadikan media pendeteksi penyakit organ lain dalam tubuh. Jika ada organ tubuh yang tidak optimal bekerja / sakit maka bisa dilakukan pemijatan ujung saraf yang ada pada tangan, kemudian tangan akan memberikan sinyal kepada otak dilanjutkan kepada organ yang sakit tersebut. Hubungan Tangan d

Tips Sebelum Pemijatan - Bab 5

Tips Sebelum Pemijatan S ebelum memulai mengobati diri sendiri atau orang lain, harus  mempersiapkan diri sepenuhnya secara fisik dan mental untuk maksud i tu. Usahakan kuku jari dipotong dengan baik dengan pemotong kuku dan diperhalus dengan kikir. Hal ini akan membantu menghindari luka pada kulit sendiri maupun orang yang sedang obati. Rasa sakit yang dihasilkan oleh kuku yang tajam bisa dikira karena sakit pada tempat yang ada di zona refleksi. Pijat Refleksi tangan atau kaki dapat dilakukan dengan ibu jari atau dengan jari lainnya, disesuaikan dengan kebutuhan dan banyaknya penekanan terhadap tempat-tempat utama pada zona refleksi telapak kaki, ibu jari (atau jari-jari) akan cepat lelah dan persendian mulai sakit. Akan tetapi, hal ini dapat dihindari dengan melakukan beberapa latihan sederhana untuk memperkuat tangan. Gala (2009) memberikan petunjuk praktis untuk latihan pelemasan jari tangan sebelum melakukan pemijatan. Tips Sebelum Pemijatan. Pada gambar (A): Berdiri dalam pose &