Skip to main content

Cara Mudah Mendeteksi Penyakit dari Tampilan Tubuh - Bab 3

Mendeteksi Penyakit dari Tampilan Tubuh 

Mendeteksi Penyakit dari Tampilan Tubuh


Mungkin kita sering terjangkit flu, sakit kepala, masuk angin atau penyakit-penyakit yang dianggap ringan. 

Cukup minum obat yang dijual bebas, maka sakit itu pun sembuh atau minimal berkurang. 

Tapi Anda perlu berhati-hati dan tidak menganggap enteng penyakit-penyakit ringan ini. Seputar Garis Tangan, Kepribadian dan Kesehatan.

Biasanya, sebelum mendapatkan sakit berat selalu ada gejala-gejala yang muncul secara fisik maupun emosional. 

Coba kita perhatikan gejala-gejala yang diuraikan pada tabel berikut (Michael N, 2010:77):

Gejala Penyakit


Gejala Penyakit


Saya kira salah satu dari gejala-gejala di atas sering Anda alami, untuk itu waspadalah. 

Karena bila Anda sakit bukan Anda saja yang menderita tetapi juga orang-orang yang terdekat dengan Anda.

Pendekatan ilmu akupunktur berbeda dengan ilmu medis yang menentukan penyakit berdasarkan kuman, virus atau bakteri. Seputar Garis Tangan, Kepribadian dan Kesehatan.

Dalam akupunktur khususnya akupresur penyakit ditentukan oleh beberapa hal, seperti: perubahan alam, iklim, udara, emosi, salah dalam beradaptasi dengan alam juga pola hidup. 

How to make money online fast

Tiga penyebab penyakit terdiri dari (Sukanta, 2009:21): 

  1. Penyebab penyakit luar, yaitu: angin, panas, kering, dingin, dan lembap. 
  2. Penyebab penyakit dalam (emosi), yaitu: rasa takut, gembira, senang, merenung, marah dan sedih.
  3. Penyebab penyakit golongan III, yaitu: perilaku tidak sehat, adaptasi dengan alam yang salah, dan digigit serangga.

Jika keadaan tubuh lemah maka penyebab penyakit itu dapat menyerang tubuh sehingga orang tersebut sakit, atau menyerang secara kuat dan terus-menerus, maka organ-organ tubuh akan terluka sehingga fungsinya terganggu (Sukanta, 2009:22-24).


A. Penyebab Penyakit Luar

  1. Angin bersifat yang: gejalanya menyerang tubuh bagian atas, penyakit muncul mendadak, berpindah-pindah, banyak keringat dan pusing berputar-putar.
  2. Dingin bersifat yin: gejalanya mengakibatkan saluran di dalam tubuh mengerut dan timbul rasa nyeri berdenyut. Banyak mengeluarkan cairan (ingus, kencing, diare), takut dingin, demam tidak berkeringat, dan sesak napas. Selain itu, juga timbul rasa nyeri di kepala dan di seluruh tubuh serta badan terasa berat.
  3. Panas bersifat yang, gejalanya adalah banyak keringat, dapat menyebabkan hilang kesadaran, susah buang air besar, kencing sedikit, tenggorokan kering sehingga muncul rasa haus terus-menerus, mengigau dan gelisah.
  4. Lembap bersifat yin, gejalanya menjadikan malas dan capai, badan terasa berat, tidak nafsu makan dan banyak dahak.
  5. Kering bersifat yang: gejalanya mulut dan bibir kering, nyeri tenggorokan, batuk, susah buang air besar, dan nyeri di bagian iga.
  6. Api merupakan kualitas tertinggi dari panas, jadi sangat panas gejala yang ditimbulkannya adalah perdarahan dan kejang. 


B. Penyebab Penyakit Dalam (Emosi)

Gangguan penyakit pada organ mengakibatkan fungsi organ tersebut tidak berkerja semestinya, jika ditambah dengan tekanan emosi dalam waktu yang panjang dan terus-menerus maka akan menjadi lebih parah. Seputar Garis Tangan, Kepribadian dan Kesehatan.

Kelainan pada organ yang diakibatkan oleh emosi adalah:

  1. Hati dan empedu akan terganggu atau terluka oleh jenis emosi marah dan perasaan tertekan.
  2. Jantung dan usus kecil akan terganggu atau terluka oleh jenis emosi gembira dan terkejut.
  3. Lambung dan limpa akan terganggu atau terluka oleh jenis emosi banyak berpikir dan kecewa.
  4. Paru-paru dan usus besar akan terganggu atau terluka oleh jenis emosi khawatir dan kecewa.
  5. Ginjal dan kantung kemih akan terganggu atau terluka oleh jenis emosi takut dan cemas.


C. Penyebab Penyakit Golongan III

Perilaku tidak sehat dan adaptasi dengan alam yang salah merupakan penyebab dari timbulnya penyakit pada golongan III. Seputar Garis Tangan, Kepribadian dan Kesehatan.

Jika penyebab itu berlangsung terus-menerus dalam jangka waktu yang panjang maka akan menjadikan sakit pada organ.

  1. Tidak teraturnya makan dan minum dapat mengakibatkan sakit pada limpa.
  2. Terlalu banyak tidur mengakibatkan terganggunya paru-paru.
  3. Terlalu lama duduk dapat mengganggu fungsi otot dan melukai limpa.
  4. Terlalu lama berdiri menjadikan terganggunya tulang dan melukai ginjal.
  5. Terlalu banyak berjalan dapat melukai tendon dan fungsi hati terganggu.
  6. Terlalu banyak berbicara, bernyanyi, bergembira, dan pidato dapat menjadikan paru-paru terganggu.
  7. Terlalu banyak membaca dapat mengganggu jantung, dikarenakan emosi dan energi terkuras menjadikan jantung bekerja keras.
  8. Fungsi ginjal akan terganggu jika perilaku seksualitas yang tidak sehat dan berisiko.

Seperti yang telah dibahas di atas, setiap organ memiliki ciri khas dalam memberikan sinyal kepada kita jika terjadi gangguan. Seputar Garis Tangan, Kepribadian dan Kesehatan.

Untuk itu, seperti kata pemeo 'mencegah lebih baik daripada mengobati', maka kita harus mengetahui cara menjaga kesehatan yang murah, mudah, dan kapan pun bisa kita lakukan. 


Berikut beberapa teknik pendeteksian penyakit melalui perubahan tekstur dan warna anggota tubuh:


TANGAN

1. Detak Nadi

Nadi dibedakan berdasarkan letaknya (super fisial atau dalam), kecepatan (kuat atau lemah) dan iramanya (rata atau tidak). 

Denyut nadi normal adalah halus, rata dan kuat dengan frekuensi 4x1 pernapasan. Seputar Garis Tangan, Kepribadian dan Kesehatan.

Kecepatan nadi dapat bervariasi menurut umur, jenis kelamin, keadaan kejiwaan dan perubahan iklim, variasi ini perlu diperhatikan dalam melakukan perabaan nadi (Gendo, 2006:112).

Telapak tangan untuk mendeteksi penyakit

Telapak tangan untuk mendeteksi penyakit



2. Kuku Tangan

Sebuah studi menyebutkan warna kuku bisa menjadi alternatif untuk mengetahui penyakit apa yang sedang Anda derita sebelum memutuskan untuk berkunjung ke dokter. 

Seperti dikutip dari Aolhealth, setiap orang memiliki tipe kuku berbeda, mulai dari tekstur, warna hingga kekuatannya. 

Dan setiap jenis kuku memiliki arti tersendiri, terutama dalam kaitannya dengan jenis penyakit. Seputar Garis Tangan, Kepribadian dan Kesehatan.

Andrea Cambio, MD dari American Academy of Dermatology (AAD), mengatakan, kuku adalah jendela ke dalam tubuh seseorang. 

Melalui kuku dapat terlihat kemungkinan penyakit apa saja yang sedang berproses dalam tubuh. Berikut adalah kondisi kesehatan melalui bentuk dan warna kuku:

  1. Kuku kuning : salah satu penyebab paling umum kuku berwarna kuning adalah infeksi jamur. Semakin memburuknya infeksi bisa membuat kuku tidak tumbuh sehat, menebal, dan rapuh. Kuku kuning juga menunjukkan kondisi lebih serius seperti penyakit tiroid parah, paru-paru, diabetes, atau psoriasis.
  2. Kuku bengkak dan terlipat : Jika kulit di sekitar kuku terlihat merah dan bengkak, ini dikenal sebagai peradangan yang menunjukkan adanya penyakit lupus dan gangguan jaringan ikat.
  3. Garis hitam : Periksakan segera jika ada garis hitam di kuku Anda. Ini terkait gejala melanoma atau yang dikenal dengan kanker kulit dari jenis yang paling berbahaya.
  4. Menggigit kuku : Menggigit kuku mungkin buat Anda hanyalah kebiasaan. Padahal ini sangat mungkin menandakan kecemasan yang berlebihan dan membutuhkan pengobatan karena menderita gangguan obsesif-kompulsif. Jadi, jika Anda tidak bisa berhenti, ada baiknya berdiskusi dengan dokter Anda.
  5. Kuku kebiruan : Kuku berwarna kebiruan menandakan tubuh tidak mendapatkan oksigen cukup. Ini mengindikasikan adanya infeksi di paru-paru seperti pneumonia. Jika hanya sedikit kebiruan di ujung bawah kuku bisa juga menandakan diabetes.
  6. Kuku pucat : Kuku berwarna pucat atau cenderung berwarna putih kadang-kadang terkait penuaan. Tetapi ada empat penyakit serius yang mungkin saja ditandai dengan kuku berwarna pucat ini, misalnya, anemia, gagal jantung, pengidap penyakit hati atau juga gizi yang buruk. 
  7. Kuku putih : Jika kuku berwarna putih dengan ujung atas berwarna gelap mengindikasikan adanya masalah pada hati seperti hepatitis.
  8. Kuku kasar : Jika permukaan kuku berkerut dan berbunyi jika diadu ini merupakan tanda awal dari psoriasis atau inflamasi arthritis. Perubahan warna kuku dapat terlihat merah kecokelatan.
  9. Kuku retak : Kuku terlihat kering, rapuh dan sering retak telah lama dikaitkan dengan penyakit tiroid. Jika membelah dan berwarna kuning ada kemungkinan ini karena infeksi jamur.


3. Tampilan Tangan

Berikut beberapa penjelasan tambahan pada kondisi telapak atau punggung tangan untuk mendeteksi penyakit:

Telapak tangan untuk mendeteksi penyakit

Telapak tangan untuk mendeteksi penyakit

Telapak tangan untuk mendeteksi penyakit

Telapak tangan untuk mendeteksi penyakit

Zona refleksi pada tangan


Tampilan fisik tangan yang dapat menunjukkan indikasi gangguan pada organ tubuh kita:

  • Ibu jari (sau sang). Gundukan ibu jari menjadi kempis atau berubah menjadi keunguan, berarti pernapasan atau lambung dan usus mengalami gangguan. Pijatlah titik sau sang.
  • Jari manis (kwan zong). Gundukan jari kelingking kempes atau keunguan, berarti ginjal dan organ reproduksi kurang berfungsi, gairah seks menurun. Pijatlah titik kwan zong dan sau zhi. Daerah kwan zong ada warna keunguan, bila dipijat dagingnya tidak segera kembali. Pijat atau urutlah area tersebut.
  • Timbul lepuh atau kulit menebal tidak pada tempatnya, berarti ada organ tubuh yang kurang sehat. Bila timbul di jari kelingking, artinya: jantung kurang sehat. Kita menjadi mudah lelah. Pijatlah titik sau zhong.
  • Bila telapak tangan mudah berkeringat, berarti terkena tekanan emosi yang dapat mengakibatkan sakit pada lambung. Pijatlah titik peluh. 
  • Bila kulit ibu jari menjadi kendur, kering atau keunguan, berarti pernapasan terganggu/kurang kuat, bicaranya lemas. Pijatlah area sau sang. 
  • Jari telunjuk sakit, berbenjol atau kulitnya kendur dan keunguan. Berarti usus besar terganggu. Pijatlah titik san yang atau dijepit dengan jepitan pakaian.
  • Bila jari manis kurus, tidak lincah, berarti liver dan empedunya lemah. Sehingga makanan yang dimakan tidak bisa dicerna dengan baik. Walau makannya banyak, biasanya orang tetap kurus. Pijatlah titik kwang zhong.
  • Bila jari kelingking keras atau keunguan, berarti jantung dan kandung kencing lemah. Buang air kecil kurang tenaga. Pijatlah sau zhong atau sau zhe. Pada umumnya yang bersangkutan juga mudah mencret (tinja cair). Pijatlah titik sau zhong.
  • Sering pusing kepala, daya ingat berkurang. Pijatlah daerah pembungkus jantung atau dengan mengusap-usap daerah itu dengan kedua tangannya. 
  • Gejalanya tenaga berkurang, tubuh bagian bawah tidak kuat. Pijatlah daerah chien-li-san-chen atau dapat juga menggosoknya dengan sikat. Bila daerah ini berwarna keunguan, berarti sistem pernapasan ada gangguan. Ada kemungkinan kena flu. Pijatlah daerah chien-li-san-chen ini atau ditambah memijat thai yen. Sebab jalur paru-paru juga melewati titik ini. Maka dengan memijat thai yen bisa menghalau bersin, batuk dan keluar air hidung.
  • Jari telunjuk dapat dibagi tiga bagian. Bagian bawah disebut fong kwan, bagian tengah zhi kwan, bagian atas ming kwan. Bila daerah fong kwan keunguan, berarti ada gejala flu. Warna ungunya makin ke atas flunya makin berat. Bagi bayi laki-laki gejalanya mudah terlihat di tangan kirinya. Sedang pada bayi perempuan di tangan kanannya. Pijatlah titik sang yang.
  • Bukalah lebar-lebar lima jari Anda. Bila ada rasa linu di bagian bawah jari telunjuk yang berdekatan dengan jari tengah, berarti Anda terkena sembelit. Bila bagian tangan kiri yang linu, berarti Anda terlalu banyak makan ikan dan daging. 
  • Bila di bagian tangan kanan yang linu, berarti Anda terlalu banyak makan sayur-sayuran atau minum-minuman keras. Pijatlah titik ruas dua dua Pijatlah daerah ini dan titik sang yang
  • Berhubung garis penghidupan melintang antara ibu jari dan jari telunjuk. Sedangkan jalur paru-paru melewati garis kehidupan ini. Maka bila ada gangguan pernapasan, maka garis penghidupan akan berubah warna. Pijatlah titik sau sang.
  • Garis budi ini dari bawah jari telunjuk melintang melewati jalur usus besar. Bila garis budi kabur, kelihatannya seolah-olah terputus-putus, berarti pencernakan lambung dan usus kurang baik. Pijatlah titik sang yang atau pijat seluruh pergelangan atas jari telunjuk.
  • Garis emosi ini mulai dari jari kelingking melintang melewati jalur jantung dan usus kecil. Jika garis emosi itu warnanya pucat/kabur, maka hati-hati dengan tekanan darah tinggi, usus kecil, ginjal, dan kandung kencing. Pijatlah titik sau zhong dan sau zhe atau seluruh pergelangan atas jari kelingking.
  • Bila garis emosi keunguan, atau mengeras dan jika dipijat merasa sakit, berarti ada bahaya terkena sakit lambung. Pijatlah daerah titik dada. 
  • Berhubung daerah garis emosi ini persis dilewati jalur pembungkus jantung, bila dipijat sakit, kulitnya agak keras atau lembek, panas atau dingin, ada kemungkinan lemah jantung. Pijatlah daerah ini atau daerah inti jantung yang mempunyai fungsi sama. Umumnya penyakit ini dialami orang dewasa. Bisa disebabkan karena terlalu capai, masuk angin, kedinginan, atau terkena penyakit linu atau kram di daerah pinggang, pinggul dan paha. Apalagi kalau tubuh digerakkan cepat sakitnya makin terasa. Pijatlah garis emosi atau ditiup dengan hawa panas.
  • Minuman keras, merokok, flu, dan sebagainya. Bisa menyebabkan tenggorokan infeksi. Pijatlah garis emosi atau taruhlah beberapa butir beras di daerah ini kemudian diplester. Seputar Garis Tangan, Kepribadian dan Kesehatan.
  • Bila Garis emosi keunguan dan dipijat terasa sakit, berarti di antara THT nya ada infeksi. Pijatlah daerah THT dan titik chung zhong.
  • Bila titik yang chi dipukul menimbulkan sakit seperti lonceng berdentangan, berarti tekanan darah naik. Pijatlah titik yang chi. Bila tekanan darah naik sampai 200, pijat titik he kuk. Bila tekanan darah sampai 300, pijat titik lok-ling-u. Cara memijatnya bisa memakai seikat tusuk gigi.
  • Daerah titik yang chi keunguan atau sakit, berarti ada gejala infeksi lambung. Infeksi ini dikarenakan makan tidak teratur, terlalu banyak merokok, sering tegang. Pijatlah titik jien-do-tien. Cara memijatnya bisa menggunakan sebuah tusuk gigi.
  • Karena jalur san chiau lewat titik ini, maka bila jalur san chiau terganggu, seseorang bisa sakit kepala, sakit dada, dan sakit pundak. Dan perhatikan: apakah titik liver dan empedu ikut sakit. Pijatlah pada titik bien-do-tien.
  • Daerah titik liver bila dipijat selain bisa menyembuhkan infeksi empedu, juga bisa menyembuhkan sakit dada, sakit kepala, sakit leher.
  • Daerah titik ming men sakit, berarti kandung kencing, atau testis atau kandungan ada penyakit. Pijat organ reproduksi pada titik ming men. Seputar Garis Tangan, Kepribadian dan Kesehatan.

      LIDAH

      Lidah bisa dibagi menjadi bagian yang mendeteksi kondisi organ ginjal, limpa, hati, usus, paru-paru, kantung empedu dan jantung. 

      Setiap perubahan dalam tampilan lidah akan mencerminkan perubahan keadaan organ yang bersangkutan.

      Bagian lidah


      • Ujung lidah menunjukkan jantung, jika warna merah pada ujung lidah menunjukkan hiperaktivitas panas jantung atau insomnia.
      • Tengah lidah menunjukkan lambung dan limpa kecil, warna kuning menunjukan panas jantung dan kedinginan dan seluruh lidah berwarna merah ungu menunjukan defisiensi limpah kecil.
      • Pinggiran lidah menunjukkan hati dan kantung empedu. Warna merah ungu pinggiran lidah menunjukkan penyakit-penyaki hati dan kantung empedu.
      • Dasar lidah menunjukkan ginjal.
      Selain warna, tingkat ketebalan dan kelembutan lidah juga penting.
      Kondisi lidah


      Kondisi lidah


      WAJAH

      Jika seseorang sakit maka warna wajah akan mengalami perubahan, hal ini disebut potogeni wajah. 

      Semuanya terdiri dari 5 warna yakni : 

      Potogeni Wajah


      • 1/3 di atas otak menunjukkan daerah otak, timbulnya bintik-bintik merah menunjukkan tekanan mental sementara nevus spilus berwarna kemerah-merahan atau gelap menandakan sakit kepala, pening atau hipertensi. Lipatan melingkar daerah jantung menandakan penyakit jantung dan warna kemerah-merahan atau ungu menunjukkkan kemungkinan hiperlipimea atau darah kental yang perlu mendapatkan perhatian khusus.
      • Glabellum menunjukkan paru-paru, wilayah atas menunjukkan saluran pernapasan, jika daerah paru-paru terlihat pucat dan wajah tidak semangat artinya kemungkinan pertanda dari fungsi paru-paru lemah. Sementara bintik-bintik merah dan bersinar menandakan kemungkinan TBC. Bengkak kemerah-merahan gelap dan hitam jelas secara tidak langsung menandakan kemungkinan tumor dan bengkak kemerah-merahan menandakan panasnya saluran napas.
      • Di luar bagian tengah dahi menunjukkan hati, wilayah dalam menunjukkan hati, otak dan paru-paru, sedangkan pusat daerah hidung menunjukkan hati. Bila ada warna kehijau-hijauan di kedua kantung empedu dan wilayah hati menunjukkan lemahnya fungsi hati. Jika ada tahi lalat di hidung menandakan memiliki lemah jantung sejak lahir. Jika terdapat bintik-bintik gelap menunjukkan lemahnya fungsi hati yang telah mengendap selama 3-5 tahun dan timbul bengkak hitam menunjukkan kemungkinan adanya tumor atau kanker. Bintik-bintik atau pigmen coklat di daerah hati secara tidak langsung menunjukkan rheomatoid arthritis (melemahnya fungsi hati).
      • Daerah mata menunjukkan dada, untuk wanita menunjukkan kelenjar susu. Timbulnya lipatan melintang menunjukkan hiperlemia, sementara edema sekitar soket mata menunjukkan kemungkinan penyakit jantung dan ekspresi wajah pucat atau gelap menunjukkan: lemahnya fungsi jantung, hipotensi, miokordial ischemia, defisiensi gi dan darah atau pasokan darah tidak mencukupi. Nevus spilus menunjukkan hiperplasia kelenjar susu pada wanita, tumor atau timbulnya pigmen terang atau coklat gelap menunjukkan seriusnya penyakit.
      • Ujung hidung menunjukkan limpa kecil sementara kedua sayap menunjukkan perut, warna kuning atau putih jelas menunjukkan lemahnya fungsi limpa kecil sementara ujung hidung kemerah-merahan secara tidak langsung menunjukkan panas berlebihan. Timbulnya nevus spilus (penghitaman pigmen) menunjukkan splenmegali (perbesaran limpa). Jika di daerah perut menunjukkan nevus spilus ini memungkinkan adanya borok atau tumor (kanker) perut.
      • Bintik-bintik kemerah-merahan kecil atau bengkak pada wilayah usus kecil, menunjukkan penyakit perut dan usus. Timbulnya bintik-bintik hitam dan pigmen coklat menunjukkan kemungkinan kanker usus sementara tahi lalat atau bengkak hitam menunjukkan kemungkinan borok atau kanker usus.
      • Phitrum menunjukkan kantung kemih, bengkak kemerah-merahan gelap di atasnya mungkin menunjukkan sistitis dan dicurigai tumor (kanker) jika ada bengkak berwarna hitam dan timbulnya kerut pada philtrum mungkin menunjukkan atropi kantung kemih.
      • Mulut dan daerah sekitarnya menunjukkan daerah refleks organ reproduksi laki-laki dan wanita, timbulnya borok kemerah-merahan menunjukkan panas sementara bintik-bintik cokelat atau hitam adalah nuevus yang disebabkan oleh perubahan patologi dalam 3-5 tahun dan bengkak hitam dan bersinar menunjukkan tumor atau perubahan karkinomatous. Kerutan kisut di mulut menunjukkan atropi atau penuaan pada rahim.
      • Pinggir wajah dan dagu menunjukkan zona ginjal, warna hitam menunjukkan sakit pinggang dan warna gelap pada telinga menunjukkan penyakit ginjal, sementara bibir gelap menunjukkan defisiensi gi ginjal. Nevus mungkin menunjukkan batu atau nephiritis.
      • Pembengkakan wajah menunjukkan kemungkinan paru-paru, sementara pembengkakan pada anggota tubuh bawah menunjukkan kemungkinan penyakit ginjal. Pembengkakan tubuh menunjukkan penyakit limpa kecil. Lidah ujung tajam tetapi garis merah pada bagian tengah dan kering dan mata tidak nyaman ditambah keadaan bengkak menunjukkan kemungkinan diabetes. Seputar Garis Tangan, Kepribadian dan Kesehatan.

      Popular posts from this blog

      Cara Mudah Mengetahui Seputar Garis Tangan, Kepribadian dan Kesehatan - Bab 2

      Seputar Garis Tangan, Kepribadian dan Kesehatan Seringkali garis tangan sering dijadikan sarana untuk meramal nasib.  Tapi di bab ini hanya akan membahas kaitan antara garis tangan dengan kesehatan dan emosi. Setiap orang memiliki garis tangan yang berbeda-beda, namun secara garis besar terdiri dari tiga garis utama, yakni: Garis kehidupan : Garis ini melintang antara ibu jari dan jari telujuk, jalur saraf yang dilaluinya adalah paru-paru, saluran ginjal, kelenjar adrenal. Garis budi : Garis ini dari jari telunjuk melintang melawati jalur usus besar, jalur saraf yang dilaluinya adalah usus besar dan hati. Garis emosi : Garis ini dimulai dari jari kelingking melintang melalui jalur jantung dan usus kecil. Jalur saraf yang dilaluinya adalah usus kecil, ginjal, dan kandung kencing. Seperti telah dijelaskan pada sub bab terdahulu bahwa pada tangan ada titik-titik saraf menuju organ pada telapak tangan. Garis tangan akan memijat secara permanen pada titik-titik saraf ini, sehingga kondisi o

      Cara Mudah Mengetahui Zona Refleksi / Accupoint pada Telapak, Punggung Tangan dan Kaki - Bab 4

      Zona Refleksi / Accupoint pada Telapak, Punggung Tangan dan Kaki #4 Titik-titik akupunktur (accupoint) telah ditemukan oleh tabib dari Cina ratusan bahkan ribuan tahun lalu, begitu pula dengan zona refleksi yang dipercaya telah dipraktikkan sejak zaman kuno. Dalam tubuh terdapat 12 jalur atau meridian saraf yang masing-masing berhubungan dengan tiap-tiap organ tubuh kita. Enam (6) jalur di antaranya melalui tangan kita. Jalur paru-paru : Dimulai dari titik sau sang yang terdapat di sisi luar pergelangan atas ibu jari. Jalur paru-paru ini berhubungan erat dengan paru-paru atau bronchi yang mengatur pernapasan. Titik ini bila dipijat merasa sakit, berarti terkena flu, asma, infeksi bronchus, dsb. Bila ibu jari kanan yang sakit, berarti organ pernapasan sebelah kanan mengalami gangguan. Demikian juga ibu jari kiri bersangkutan dengan pernapasan sebelah kiri. Jalur Usus Besar : dimulai dari titik Sang Yang, terletak di bawah kuku jari telunjuk. Titik ini bila dipijat merasa sakit, berarti

      Cara Mudah Mengetahui Hubungan Tangan dengan Organ Tubuh - Bab 1

      Hubungan Tangan dengan Organ Tubuh Jika ditanya bagian tubuh mana sih yang paling sering digunakan, kaki / tangan? Sebagian besar orang pasti akan menjawab tangan. Tangan adalah organ vital manusia yang terdiri dari susunan tulang, otot, saraf, aliran darah, daging juga kulit.  Tangan sebenarnya mengandung aliran elektris yang hanya terekam oleh foto krilin (aura) atau sejenisnya, selain itu, organ serbaguna ini juga punya aliran energi yang dalam ilmu akupunktur dikenal dengan meridian . Banyaknya aktivitas dalam kehidupan yang menggunakan tangan menandakan kuatnya koneksi antara tangan dan otak. Hubungan Tangan dengan Organ Tubuh. Kuatnya koneksi tangan & otak ini memungkinkan tangan untuk dijadikan media pendeteksi penyakit organ lain dalam tubuh. Jika ada organ tubuh yang tidak optimal bekerja / sakit maka bisa dilakukan pemijatan ujung saraf yang ada pada tangan, kemudian tangan akan memberikan sinyal kepada otak dilanjutkan kepada organ yang sakit tersebut. Hubungan Tangan d

      Tips Sebelum Pemijatan - Bab 5

      Tips Sebelum Pemijatan S ebelum memulai mengobati diri sendiri atau orang lain, harus  mempersiapkan diri sepenuhnya secara fisik dan mental untuk maksud i tu. Usahakan kuku jari dipotong dengan baik dengan pemotong kuku dan diperhalus dengan kikir. Hal ini akan membantu menghindari luka pada kulit sendiri maupun orang yang sedang obati. Rasa sakit yang dihasilkan oleh kuku yang tajam bisa dikira karena sakit pada tempat yang ada di zona refleksi. Pijat Refleksi tangan atau kaki dapat dilakukan dengan ibu jari atau dengan jari lainnya, disesuaikan dengan kebutuhan dan banyaknya penekanan terhadap tempat-tempat utama pada zona refleksi telapak kaki, ibu jari (atau jari-jari) akan cepat lelah dan persendian mulai sakit. Akan tetapi, hal ini dapat dihindari dengan melakukan beberapa latihan sederhana untuk memperkuat tangan. Gala (2009) memberikan petunjuk praktis untuk latihan pelemasan jari tangan sebelum melakukan pemijatan. Tips Sebelum Pemijatan. Pada gambar (A): Berdiri dalam pose &