Skip to main content

Tips Sebelum Pemijatan - Bab 5

Tips Sebelum Pemijatan

Tips Sebelum Pemijatan

Sebelum memulai mengobati diri sendiri atau orang lain, harus mempersiapkan diri sepenuhnya secara fisik dan mental untuk maksud itu.

  • Usahakan kuku jari dipotong dengan baik dengan pemotong kuku dan diperhalus dengan kikir. Hal ini akan membantu menghindari luka pada kulit sendiri maupun orang yang sedang obati. Rasa sakit yang dihasilkan oleh kuku yang tajam bisa dikira karena sakit pada tempat yang ada di zona refleksi.
  • Pijat Refleksi tangan atau kaki dapat dilakukan dengan ibu jari atau dengan jari lainnya, disesuaikan dengan kebutuhan dan banyaknya penekanan terhadap tempat-tempat utama pada zona refleksi telapak kaki, ibu jari (atau jari-jari) akan cepat lelah dan persendian mulai sakit. Akan tetapi, hal ini dapat dihindari dengan melakukan beberapa latihan sederhana untuk memperkuat tangan.

Gala (2009) memberikan petunjuk praktis untuk latihan pelemasan jari tangan sebelum melakukan pemijatan. Tips Sebelum Pemijatan.

Pada gambar (A): Berdiri dalam pose 'Namaskara: Tekan kuat-kuat telapak tangan satu sama lain selama sepuluh hitungan. Ulangi sepuluh kali.

pelemasan jari tangan sebelum melakukan pemijatan


Gambar 5.2 (C): tekan kuat-kuat jari-jari dari suatu tangan ke arah belakang selama beberapa detik. Ulangi sepuluh kali. Ulangi hal ini untuk tangan yang lainnya.

pelemasan jari tangan sebelum melakukan pemijatan


  • Jika ingin mengobati diri sendiri cara yang mudah adalah harus menambah mobilitas persendian mata kaki Anda dengan melakukan dua latihan seperti pada gambar pemanasan.

Dalam latihan yang pertama, kaki harus digerakkan ke atas dan ke bawah. 

Dalam latihan yang kedua, kaki harus diputar ke dalam dan ke luar. Ulangi tiap latihan sepuluh kali. Tips Sebelum Pemijatan.

Lakukanlah latihan-latihan tangan dan pergelangan kaki ini seumur hidup. 

Dengan cara itu, Anda akan mampu menambah kekuatan tangan dan mobilitas persendian pergelangan kaki Anda, sehingga Anda selalu siap untuk mengobati siapa pun, diri Anda sendiri atau orang lain, apabila diperlukan.

How to make money online fast

Refleksologi memercayai pendekatan holistik kepada pengobatan. Tips Sebelum Pemijatan.

Teknik ini menganjurkan bahwa tidak ada organ tubuh yang terkena penyakit (atau tetap sehat) secara terpisah dari organ-organ lain. 

Oleh karena itu, seluruh tapak kaki dari kedua kaki harus dirangsang terlebih dahulu dalam waktu yang singkat, sebelum berkonsentrasi pada wilayah-wilayah spesifik yang terkait dengan organ-organ yang mengalami gangguan. Tips Sebelum Pemijatan.

Hal ini dapat disebut 'pengobatan umum kepada seluruh tubuh! 

Metode terbaik untuk 'meliputi' tempat-tempat zona refleksi kaki yang terkait dengan semua organ dalam di tubuh adalah dengan menaruh kedua kaki di atas roller kayu atau plastik yang telah dirancang khusus selama tiga atau lima menit. 

Hal ini menghasilkan sensasi kehangatan yang menyenangkan pada kaki dan menyebabkan pemulihan keseimbangan (homoeostasis) di dalam tubuh. Tips Sebelum Pemijatan.

Alternatif lain yang dapat digunakan yakni dengan mengenakan 'sandal Refleksologi' yang dirancang secara khusus (atau memasukkan 'tapak Refleksologi' pada sepatu) dan berjalanlah selama beberapa menit.

Tapak refleksologi


Setelah siap untuk stimulus selanjutnya dari zona refleksi telapak kaki yang terkait dengan organ-organ yang sakit seperti yang dilukiskan di Bagian III / #3 pada judul artikel.

Untuk merangsang Terapi Zona Refleksi kaki lebih baik diawali dengan kaki kiri. Tips Sebelum Pemijatan.

Ambillah posisi yang ditunjukkan di bawah, dengan kaki kiri berada di atas paha kanan.

Pemanasan sebelum pijat


Peganglah kaki dengan tangan kiri dan tekan dengan ibu jari atau jari kanan. 

Ciri hakiki penyembuhan adalah melakukan pekerjaan yang lebih banyak dengan usaha yang kurang banyak, dengan menerapkan prinsip daya pengungkit. Tips Sebelum Pemijatan.

Prinsip ini mengatakan bahwa ketika menekan dengan ujung ibu jari, bagian lain dari telapak tangan dan jari-jari harus bersentuhan erat dengan ujung dan punggung kaki, seperti yang ditunjukkan di dalam diagram di bawah ini:

Cara pijat

Cara pijat

Sekarang mulailah memeriksa dengan menggunakan ibu jari, wilayah kaki yang berkaitan dengan organ yang ingin diobati. 

Untuk menjangkau hingga bagian yang paling kecil di wilayah yang bersangkutan, gunakanlah teknik sederhana dengan menggeser ibu jari. Tips Sebelum Pemijatan.

Teknik ini adalah cara khusus menahan dan menggerakkan ibu jari. Taruhlah ibu jari mendatar di atas kulit. 

Kemudian perlahan-lahan tekuk hingga bagian ibu jari dari ujung hingga persendiannya yang pertama mencapai posisi vertikal satu alur dengan permukaan kaki. 

Dalam posisi ini, gunakan tekanan kuat yang lurus ke dalam, tanpa membiarkan ujung jari Anda bergerak ke arah depan, ke arah belakang atau ke arah samping. 

Selanjutnya lepaskan tekanan itu, ketatkan ujung jari dan pada saat yang sama gerakkan ke depan sekitar seperempat centimeter. 

Kemudian tekuk lagi hingga ujungnya bersentuhan dengan bagian yang bersebelahan di wilayah tersebut. Tips Sebelum Pemijatan.

Ibu jari berjalan telah ditunjukkan oleh gambar di samping:

Cara pijat


Geser ibu jari di seluruh wilayah yang sesuai dengan organ yang ingin diobati. 

Setelah menemukan bahwa beberapa tempat di wilayah ini benar-benar terasa sakit dan perih sementara yang lainnya tidak. 

Buatlah catatan dalam benak (diingat-ingat) di semua tempat yang terasa sakit. Tips Sebelum Pemijatan.

Hal ini membutuhkan perhatian khusus dalam bentuk penekanan yang agak lebih dalam dan lebih lama. 

Di sisi lain, tempat-tempat yang kurang peka (sakit) hanya membutuhkan pengobatan sewaktu-waktu. 

Penekanan yang dalam dan kuat hanya digunakan jika ujung (dan bukan bantalan) ibu jari digunakan. Tips Sebelum Pemijatan.

Untuk penekanan yang lebih lunak, bantalan ibu jari pun dapat digunakan.

Sekarang lakukanlah tugas selanjutnya, merangsang (melalui tekanan) tempat-tempat yang sakit yang telah dapat Anda deteksi selama proses pemeriksaan. Tips Sebelum Pemijatan.

Sifat dasar tekanan itu berupa:

  • Berselang-seling, tempat-tempat yang sakit ditekan- dilepaskan- ditekan- dilepaskan, merangsang tindakan memompa atau,
  • Sirkuler (diurut), bukan kulit di tekan-geser, tetapi jaringan-jaringan otot yang terdapat di bawahnya. (Inilah yang dilukiskan dalam beberapa buku sebagai usaha meremukkan 'kristal-kristal gula' yang terdapat di bawah kulit), atau,
  • Konstan, diberi tekanan yang terus-menerus kepada suatu tempat yang sakit. Bila tekanan konstan demikian berlanjut lebih dari empat hingga lima menit, muncullah analgesia (kebal kepada rasa sakit) pada semua organ yang terletak di dalam zona-zona tertentu. cara ini dapat dimanfaatkan dalam pengobatan bagi permasalahan pada organ yang menyakitkan seperti sakit kepala, sakit telinga, sakit gigi, dan sebagainya.
Bila diperlukan tekan konstan yang lama, ibu jari mungkin mulai lelah dan sakit. 

Untuk mencegah hal ini dan untuk membuat pekerjaan lebih mudah, bisa dapat menggunakan jepitan pakaian atau pita karet pada kaki, seperti ditunjukkan gambar di bawah:

Cara pijat


Penggunaan alat-alat seperti itu juga diperlukan untuk orang-orang yang menderita ibu jari/jari-jari yang tidak kuat (mis, encok, lemah otot dsb.), perut besar (yang membuat sulit menjangkau kaki) atau kekakuan lutut dan persendian pergelangan kaki. 

Beberapa buku menentang penggunaan alat lain selain ibu jari/jari-jari untuk melakukan penekanan. 

Ternyata jepitan pakaian atau pita karet, menghasilkan efek-efek yang sama baiknya bila yang dibutuhkan adalah membebaskan rasa sakit. 

Ingatlah: Dr. Fitzgerald, penemu Terapi Zona Refleks, sangat menganjurkan dan berhasil menggunakan alat-alat tersebut (Gala, 2009).

Setelah memberikan tekanan yang berselang-seling, sirkuler, atau konstan pada tempat yang sakit selama sekitar satu menit, pindahlah ke tempat-tempat yang sakit di dekatnya.  Tips Sebelum Pemijatan.

Dengan cara ini, jangkaulah seluruh wilayah kaki yang bersesuaian dengan organ-organ yang sakit. 

Maka, Anda telah merampungkan pengobatan kaki kiri. 

Selanjutnya mulailah perangsangan, tempat-tempat utama yang sakit di kaki kanan.

Sewaktu memijat kedua kaki, jangan menekan pada wilayah-wilayah yang mengeras, mati rasa, terluka atau retak dan pembuluh mekar. 

Sebagai gantinya, gunakanlah tempat-tempat padanannya yang ada di telapak tangan.

Setelah menyudahi pengobatan penekanan pada kedua kaki, jika keadaan memungkinkan, beristirahatlah dengan berbaring selama 5-10 menit.

Untuk jenis penyakit yang akut seperti demam yang tinggi, sakit kepala yang parah, bronkitis akut, dsb. 

Pengobatan penekanan membutuhkan pengulangan yang sering yakni, setiap 2-3 jam. 

Frekuensi itu mungkin berkurang bila kondisinya membaik.

Untuk jenis penyakit-penyakit yang kronis, sekali atau dua kali pengobatan sehari cukup. 

Kita telah melihat bahwa pengobatan yang diberikan setiap hari memberikan hasil-hasil terbaik. 

Beberapa terapis menyarankan 'pengobatan sekali seminggu' atau 'dua kali seminggu.

Akan tetapi, hal itu bisa jadi untuk kenyamanan mereka sendiri dan bukan untuk keuntungan pasien.

Setelah 2-3 hari Terapi Zona Refleks, beberapa orang (khususnya orang-orang yang menderita penyakit kronis yang membuat mereka memakai aneka obat-obat keras dan beracun) telah mengembangkan reaksi-reaksi lunak dalam bentuk kelesuan umum, demam ringan, hidung bernanah dan kadang-kadang bintik-bintik merah di kulit. 

Hal ini hanyalah tanda-tanda dari munculnya perlawanan tubuh dan hasil dari proses pembersihan. Tips Sebelum Pemijatan.

Jika Anda kebetulan mengalami reaksi-reaksi tersebut, jangan panik. 

Reaksi-reaksi ini surut dengan sendirinya jika Anda beristirahat total dan berpuasa selama dua hari. 

Akan tetapi, terus menerima terapi tekanan dan memperbanyak minum (atau cairan-cairan ringan lainnya).

Waktu yang baik untuk pengobatan secara umum dapat dilakukan kapan saja setiap hari. 

Tetapi jangan melakukan pemijatan pada diri sendiri sesudah Anda memakan makanan berat. Tips Sebelum Pemijatan.

Cobalah menjaga selang-waktu yang seragam di antara setiap dua pengobatan.

Kedisiplinan sangat penting untuk pengobatan refleksologi yang berhasil. 

Akan tetapi, kehidupan modern yang cepat tidak memberi banyak waktu bagi orang untuk refleksologi. 

Berkali-kali orang mengatakan kepada kami bahwa mereka tidak dapat melakukan pengobatan secara teratur, semata-mata karena mereka lupa. 

Menyesuaikan refleksologi dalam jadwal harian tidak mudah bagi orang kota yang selalu tergesa-gesa. 

Jika Anda adalah salah satu di antara mereka, Anda harus meluangkan waktu untuk refleksologi. 

Anda dapat melakukan hal-hal yang lain sambil tetap mengobati kaki Anda. Tips Sebelum Pemijatan.

Anda dapat merangsang tempat-tempat utama di kaki Anda (a) sambil berjalan menuju tempat kerja atau pulang ke rumah, (b) sambil menonton televisi, (c) sambil membaca koran di pagi hari, atau (d) sambil bicara kepada para anggota keluarga, sahabat atau telepon. 

Sambil tetap menginjak pemutar kaki di bawah meja makan atau meja kantor memungkinkan untuk merangsang wilayah-wilayah kunci yang terkait dengan berbagai organ tubuh sambil makan atau bekerja.

Lakukan hal ini selama beberapa hari dan Anda akan segera mendapati hal ini seperti kebiasaan.


Urutan Memijat

  • Bila sakit mendadak, seperti sakit jantungnya kambuh, atau kepala mendadak sakit. Boleh langsung memijat daerah refleksinya.
    • Bila mendapat kecelakaan atau setelah dioperasi, segera dipijat daerah refleksinya. Agar memperlancar sirkulasi darah, dapat cepat menyembuhkan luka-lukanya.
    • Borok yang sulit sembuh, atau luka yang mengeluarkan nanah. Pijat daerah refleksinya.
    • Setiap perubahan cuaca, bekas luka biasanya mudah menjadi sakit. Pijatlah daerah refleksinya, agar darahnya beredar lancar.
  • Bila dalam keadaan normal, inilah urutan pijatnya (lihat gambar zona refleksi):
    • Ginjal: pijatlah dulu daerah refleksi ini, serta saluran kencing, kandung kencing. Agar kotorannya bisa di buang lancar.
    • Kepala: sebab ini pusat segala organ.
    • Pencernaan: termasuk lambung, usus, liver dan kelenjar ludah perut. Agar melancarkan metabolisme, memberi makanan pada organ- organnya.
    • Kelenjar: Agar membawa pergi segala kotorannya.


Lamanya Memijat

Tiap daerah refleksi boleh dipijat selama 5 menit. 

Bila sakit keras, boleh dipijat lebih lama lagi (10 menit), disarankan tiap hari memijat seluruh daerah refleksi selama 30 menit, bisa membantu kesehatan Anda. Tips Sebelum Pemijatan.

Umpamanya: Kelenjar adrenal, ginjal, saluran kencing, kandung kencing-masing-masing 5 menit; kepala dan leher - masing-masing 3 menit; tiga daerah refleksi kelenjar - masing-masing 2 menit; daerah refleksi lainnya yang peka 1-2 menit. Keseluruhannya memakan waktu 30 menit.

Belanja Seru

Popular posts from this blog

Cara Mudah Mendeteksi Penyakit dari Tampilan Tubuh - Bab 3

Mendeteksi Penyakit dari Tampilan Tubuh  Mungkin kita sering terjangkit flu, sakit kepala, masuk angin atau penyakit-penyakit yang dianggap ringan.  Cukup minum obat yang dijual bebas, maka sakit itu pun sembuh atau minimal berkurang.  Tapi Anda perlu berhati-hati dan tidak menganggap enteng penyakit-penyakit ringan ini. Seputar Garis Tangan, Kepribadian dan Kesehatan. Biasanya, sebelum mendapatkan sakit berat selalu ada gejala-gejala yang muncul secara fisik maupun emosional.  Coba kita perhatikan gejala-gejala yang diuraikan pada tabel berikut (Michael N, 2010:77): Saya kira salah satu dari gejala-gejala di atas sering Anda alami, untuk itu waspadalah.  Karena bila Anda sakit bukan Anda saja yang menderita tetapi juga orang-orang yang terdekat dengan Anda. Pendekatan ilmu akupunktur berbeda dengan ilmu medis yang menentukan penyakit berdasarkan kuman, virus atau bakteri. Seputar Garis Tangan, Kepribadian dan Kesehatan. Dalam akupunktur khususnya akupresur penyakit ditentukan oleh b

Cara Mudah Mengetahui Seputar Garis Tangan, Kepribadian dan Kesehatan - Bab 2

Seputar Garis Tangan, Kepribadian dan Kesehatan Seringkali garis tangan sering dijadikan sarana untuk meramal nasib.  Tapi di bab ini hanya akan membahas kaitan antara garis tangan dengan kesehatan dan emosi. Setiap orang memiliki garis tangan yang berbeda-beda, namun secara garis besar terdiri dari tiga garis utama, yakni: Garis kehidupan : Garis ini melintang antara ibu jari dan jari telujuk, jalur saraf yang dilaluinya adalah paru-paru, saluran ginjal, kelenjar adrenal. Garis budi : Garis ini dari jari telunjuk melintang melawati jalur usus besar, jalur saraf yang dilaluinya adalah usus besar dan hati. Garis emosi : Garis ini dimulai dari jari kelingking melintang melalui jalur jantung dan usus kecil. Jalur saraf yang dilaluinya adalah usus kecil, ginjal, dan kandung kencing. Seperti telah dijelaskan pada sub bab terdahulu bahwa pada tangan ada titik-titik saraf menuju organ pada telapak tangan. Garis tangan akan memijat secara permanen pada titik-titik saraf ini, sehingga kondisi o

Cara Mudah Mengetahui Zona Refleksi / Accupoint pada Telapak, Punggung Tangan dan Kaki - Bab 4

Zona Refleksi / Accupoint pada Telapak, Punggung Tangan dan Kaki #4 Titik-titik akupunktur (accupoint) telah ditemukan oleh tabib dari Cina ratusan bahkan ribuan tahun lalu, begitu pula dengan zona refleksi yang dipercaya telah dipraktikkan sejak zaman kuno. Dalam tubuh terdapat 12 jalur atau meridian saraf yang masing-masing berhubungan dengan tiap-tiap organ tubuh kita. Enam (6) jalur di antaranya melalui tangan kita. Jalur paru-paru : Dimulai dari titik sau sang yang terdapat di sisi luar pergelangan atas ibu jari. Jalur paru-paru ini berhubungan erat dengan paru-paru atau bronchi yang mengatur pernapasan. Titik ini bila dipijat merasa sakit, berarti terkena flu, asma, infeksi bronchus, dsb. Bila ibu jari kanan yang sakit, berarti organ pernapasan sebelah kanan mengalami gangguan. Demikian juga ibu jari kiri bersangkutan dengan pernapasan sebelah kiri. Jalur Usus Besar : dimulai dari titik Sang Yang, terletak di bawah kuku jari telunjuk. Titik ini bila dipijat merasa sakit, berarti

Cara Mudah Mengetahui Hubungan Tangan dengan Organ Tubuh - Bab 1

Hubungan Tangan dengan Organ Tubuh Jika ditanya bagian tubuh mana sih yang paling sering digunakan, kaki / tangan? Sebagian besar orang pasti akan menjawab tangan. Tangan adalah organ vital manusia yang terdiri dari susunan tulang, otot, saraf, aliran darah, daging juga kulit.  Tangan sebenarnya mengandung aliran elektris yang hanya terekam oleh foto krilin (aura) atau sejenisnya, selain itu, organ serbaguna ini juga punya aliran energi yang dalam ilmu akupunktur dikenal dengan meridian . Banyaknya aktivitas dalam kehidupan yang menggunakan tangan menandakan kuatnya koneksi antara tangan dan otak. Hubungan Tangan dengan Organ Tubuh. Kuatnya koneksi tangan & otak ini memungkinkan tangan untuk dijadikan media pendeteksi penyakit organ lain dalam tubuh. Jika ada organ tubuh yang tidak optimal bekerja / sakit maka bisa dilakukan pemijatan ujung saraf yang ada pada tangan, kemudian tangan akan memberikan sinyal kepada otak dilanjutkan kepada organ yang sakit tersebut. Hubungan Tangan d