Skip to main content

Cara Mudah Pijat Tangan untuk Beberapa Penyakit Umum - Bab 6 - Part 4

Pijat Tangan untuk Beberapa Penyakit Umum #6 - Nyeri Sendi, Sakit Pundak, Kegemukan, Hidung Berlendir, Infeksi Hidung, Sakit Lambung, Peradangan Lambung, Pingsan, Kuping Berdengung, Asma

Pijat Tangan untuk Beberapa Penyakit Umum

31. Cara Mengobati Nyeri Sendi

Umumnya terjadi pada masa pergantian musim, orang bisa terkena linu pada persendian. 

Untuk mengobatinya dengan cara melancarkan peredaran darah dan hormon.

Pijatlah titik tiroid (no. 1) dan titik pinggang dan paha (no. 2). Cara Mudah Pijat Tangan untuk Beberapa Penyakit Umum.

Nyeri Sendi

32. Cara Mengobati Sakit Pundak

Sakit pundak sering terjadi pada orang yang sudah berusia dewasa, biasanya ditandai dengan sulit menggerakkan lengan.

Untuk mengobati sakit pundak ini perlu memijat 8 titik accupoint/refleksi yakni: 

kelenjar kelamin (thai yen) (no.1), he kuk (no. 2), pinggang dan paha (yang chi)(no. 3), kelenjar kelamin (shen men) (no. 4), pantat (ik men) (no. 5), reproduksi (thai ling) (no. 6), chong zong(no. 7) dan pundak (ho chi) (no. 8).

Sakit Pundak

33. Cara Mengobati Kegemukan

Tidak terkendalinya nafsu makan dan faktor hormon dapat menimbulkan kegemukan.

Pijatlah daerah lambung-limpa-usus (no.1) dengan keras-keras karena bila dipijat dengan lembut justru menambah nafsu makan. 

Untuk mengurangi gerakan hormon maka pijatlah daerah dada (no. 2) dengan keras pula. Cara Mudah Pijat Tangan untuk Beberapa Penyakit Umum.

Kegemukan

34. Cara Mengobati Hidung Berlendir

Hidung sering mengeluarkan lendir namun bukan flu, untuk itu pijatlah daerah lambung-limpa-usus (no. 1), he kuk (no. 2), chong zhong (no. 3) dan titik hidung (no. 4), semua dipijat dengan keras.

Hidung Berlendir

35. Cara Mengobati Infeksi Hidung

Hidung sering keluar lendir karena flu, stamina menurun dan tidak kuat terhadap perubahan iklim.

Pijatlah dengan keras pada titik he kuk (no. 1), selain itu pijat juga titik usus besar (no. 2), titik chong zhong (no.3), titik paru-paru (no. 4), thai yen (no. 5) dan titik hidung (no. 6). Cara Mudah Pijat Tangan untuk Beberapa Penyakit Umum.

Infeksi Hidung

How to make money online fast

36. Cara Mengobati Sakit Lambung

Lambung terasa sakit dan kejang. Pijatlah titik lambung-usus (no. 1) dan titik lok-ling u (no. 2) dengan keras.

Sakit Lambung

37. Cara Mengobati Peradangan Lambung

Radang lambung bisa disebabkan oleh luka pada lambung.

Pijatlah titik lambung-usus (no. 1), daerah dada (no. 2) dan titik depan kepala (no. 3). Cara Mudah Pijat Tangan untuk Beberapa Penyakit Umum.

Peradangan Lambung

38. Cara Mengobati Pingsan

Ada banyak penyebab pingsan, misal: kurang darah, masa peralihan, kepanasan, mabuk kendaraan dan lain sebagainya.

Pijat dengan kekuatan sedang pada kwan zhong (no. 1), daerah kuping- tenggorokan (no. 2), titik ik men (no. 3), chong-cu (no. 4) dan yang kuk (no. 5).

Pingsan

39. Cara Mengobati Kuping Berdengung

Kuping berdengung menyebabkan pendengaran menjadi berkurang, hal ini terjadi karena fungsi ginjal kurang baik akibat stres atau tegang.

Pijat titik ginjal (no.1), zhie kuk (no. 2), yang kuk (no. 3) dan titik kwan zhong (no.4). Cara Mudah Pijat Tangan untuk Beberapa Penyakit Umum.

Kuping Berdengung

40. Cara Mengobati Asma

Asma biasanya karena faktor keturunan.

Pijat titik batuk (no.1), selain itu pijat juga titik san cien (no. 2) dan daerah dada pernapasan (no. 3).

Asma


41. Cara Mengobati Kulit Kering dan Berkerut

Kulit kering terjadi bisa karena cuaca dingin, peredaran pembuluh darah di bawah kulit kurang lancar, atau ada hormon pada ginjal yang kurang lancar.

Pijatlah titik ginjal (no. 1), titik yang zhe (no. 2), titik paru-paru (no. 3) dan titik kwan zhong(no. 4).

Kulit Kering

42. Cara Mengobati Rambut Rontok

Kerontokan pada rambut disebabkan karena gangguan emosi dan hormon yang tidak berimbang sehingga vitamin menuju rambut berkurang.

Pijatlah yang zhe (no. 1) untuk menstabilkan hormon, selanjutnya pijat titik jantung (no. 2), titik ginjal (no. 3) dan thai ling (no. 4). Cara Mudah Pijat Tangan untuk Beberapa Penyakit Umum.

Rambut Rontok

43. Cara Mengobati Jarak Pandang Terbatas

Aktivitas yang sering menggunakan mata seperti melihat monitor kom puter, televisi, tablet phone, smartphone menjadikan pandangan menjadi memudar. Hal seperti ini dapat ditolong dengan pemijatan.

Pijatlah daerah pembungkus jantung (no. 1), titik tulang pergelangan (no. 2), titik lau kung (no. 3), dan titik liver (no. 4).

Jarak Pandang Terbatas

Teknik Pijat Tangan Sendiri

Berikut empat gerakan pijat tangan yang bisa dilakukan sendiri, kapan dan di mana pun.

  • Gosok. Gerakan pijat tangan termudah. Gosokkan ke dua belah tangan dengan cepat hingga hangat, untuk menciptakan energi. Gosok masing-masing punggung tangan dengan cepat hingga hangat. Gerakan ini merupakan pemanasan sebelum proses pijat tangan.
  • Remas. Remas setiap jari jemari tangan dengan bantuan pangkal ibu jari dan jari telunjuk dengan gerakan lembut, mulai dari pangkal hingga ke ujung jari. Lakukan 2-3 menit untuk setiap jari tangan. Jika jari jemari terasa sakit, berarti bagian tubuh ada yang sakit. Saraf-saraf di ujung jari jemari terhubung dengan kepala, wajah, sinus. Saraf bagian tengah jari, terhubung dengan leher. Saraf-saraf di bagian dasar jemari, terhubung dengan mata, telinga, bahu atas.
  • Tarik. Menarik buku-buku jemari merupakan bagian penting dari pijat jari ini dengan bantuan ibu jari dan jari telunjuk. Tarik buku jari bagian dasar, lakukan satu per satu setiap jari, lalu kembalikan ke posisi semula. Lakukan gerakan ini dengan lembut selama 2-3 menit untuk setiap jari. Untuk merilekskan otot kaku, disarankan menarik buku-buku jari setiap beberapa jam sekali.
  • Tekan. Tekan dengan lembut setiap jemari dan telapak tangan dengan bantuan ibu jari dengan gerakan vertikal. Tahan gerakan ini di beberapa tempat yang dikehendaki lalu lakukan gerakan melingkar kecil dan pelan sambil diremas. Lakukan 1-2 menit untuk setiap titik yang dikehendaki. Gerak pijat tangan ini bisa dilakukan sehari dua kali.

Belanja Seru

Popular posts from this blog

Cara Mudah Mendeteksi Penyakit dari Tampilan Tubuh - Bab 3

Mendeteksi Penyakit dari Tampilan Tubuh  Mungkin kita sering terjangkit flu, sakit kepala, masuk angin atau penyakit-penyakit yang dianggap ringan.  Cukup minum obat yang dijual bebas, maka sakit itu pun sembuh atau minimal berkurang.  Tapi Anda perlu berhati-hati dan tidak menganggap enteng penyakit-penyakit ringan ini. Seputar Garis Tangan, Kepribadian dan Kesehatan. Biasanya, sebelum mendapatkan sakit berat selalu ada gejala-gejala yang muncul secara fisik maupun emosional.  Coba kita perhatikan gejala-gejala yang diuraikan pada tabel berikut (Michael N, 2010:77): Saya kira salah satu dari gejala-gejala di atas sering Anda alami, untuk itu waspadalah.  Karena bila Anda sakit bukan Anda saja yang menderita tetapi juga orang-orang yang terdekat dengan Anda. Pendekatan ilmu akupunktur berbeda dengan ilmu medis yang menentukan penyakit berdasarkan kuman, virus atau bakteri. Seputar Garis Tangan, Kepribadian dan Kesehatan. Dalam akupunktur khususnya akupresur penyakit ditentukan oleh b

Cara Mudah Mengetahui Seputar Garis Tangan, Kepribadian dan Kesehatan - Bab 2

Seputar Garis Tangan, Kepribadian dan Kesehatan Seringkali garis tangan sering dijadikan sarana untuk meramal nasib.  Tapi di bab ini hanya akan membahas kaitan antara garis tangan dengan kesehatan dan emosi. Setiap orang memiliki garis tangan yang berbeda-beda, namun secara garis besar terdiri dari tiga garis utama, yakni: Garis kehidupan : Garis ini melintang antara ibu jari dan jari telujuk, jalur saraf yang dilaluinya adalah paru-paru, saluran ginjal, kelenjar adrenal. Garis budi : Garis ini dari jari telunjuk melintang melawati jalur usus besar, jalur saraf yang dilaluinya adalah usus besar dan hati. Garis emosi : Garis ini dimulai dari jari kelingking melintang melalui jalur jantung dan usus kecil. Jalur saraf yang dilaluinya adalah usus kecil, ginjal, dan kandung kencing. Seperti telah dijelaskan pada sub bab terdahulu bahwa pada tangan ada titik-titik saraf menuju organ pada telapak tangan. Garis tangan akan memijat secara permanen pada titik-titik saraf ini, sehingga kondisi o

Cara Mudah Mengetahui Zona Refleksi / Accupoint pada Telapak, Punggung Tangan dan Kaki - Bab 4

Zona Refleksi / Accupoint pada Telapak, Punggung Tangan dan Kaki #4 Titik-titik akupunktur (accupoint) telah ditemukan oleh tabib dari Cina ratusan bahkan ribuan tahun lalu, begitu pula dengan zona refleksi yang dipercaya telah dipraktikkan sejak zaman kuno. Dalam tubuh terdapat 12 jalur atau meridian saraf yang masing-masing berhubungan dengan tiap-tiap organ tubuh kita. Enam (6) jalur di antaranya melalui tangan kita. Jalur paru-paru : Dimulai dari titik sau sang yang terdapat di sisi luar pergelangan atas ibu jari. Jalur paru-paru ini berhubungan erat dengan paru-paru atau bronchi yang mengatur pernapasan. Titik ini bila dipijat merasa sakit, berarti terkena flu, asma, infeksi bronchus, dsb. Bila ibu jari kanan yang sakit, berarti organ pernapasan sebelah kanan mengalami gangguan. Demikian juga ibu jari kiri bersangkutan dengan pernapasan sebelah kiri. Jalur Usus Besar : dimulai dari titik Sang Yang, terletak di bawah kuku jari telunjuk. Titik ini bila dipijat merasa sakit, berarti

Cara Mudah Mengetahui Hubungan Tangan dengan Organ Tubuh - Bab 1

Hubungan Tangan dengan Organ Tubuh Jika ditanya bagian tubuh mana sih yang paling sering digunakan, kaki / tangan? Sebagian besar orang pasti akan menjawab tangan. Tangan adalah organ vital manusia yang terdiri dari susunan tulang, otot, saraf, aliran darah, daging juga kulit.  Tangan sebenarnya mengandung aliran elektris yang hanya terekam oleh foto krilin (aura) atau sejenisnya, selain itu, organ serbaguna ini juga punya aliran energi yang dalam ilmu akupunktur dikenal dengan meridian . Banyaknya aktivitas dalam kehidupan yang menggunakan tangan menandakan kuatnya koneksi antara tangan dan otak. Hubungan Tangan dengan Organ Tubuh. Kuatnya koneksi tangan & otak ini memungkinkan tangan untuk dijadikan media pendeteksi penyakit organ lain dalam tubuh. Jika ada organ tubuh yang tidak optimal bekerja / sakit maka bisa dilakukan pemijatan ujung saraf yang ada pada tangan, kemudian tangan akan memberikan sinyal kepada otak dilanjutkan kepada organ yang sakit tersebut. Hubungan Tangan d

Tips Sebelum Pemijatan - Bab 5

Tips Sebelum Pemijatan S ebelum memulai mengobati diri sendiri atau orang lain, harus  mempersiapkan diri sepenuhnya secara fisik dan mental untuk maksud i tu. Usahakan kuku jari dipotong dengan baik dengan pemotong kuku dan diperhalus dengan kikir. Hal ini akan membantu menghindari luka pada kulit sendiri maupun orang yang sedang obati. Rasa sakit yang dihasilkan oleh kuku yang tajam bisa dikira karena sakit pada tempat yang ada di zona refleksi. Pijat Refleksi tangan atau kaki dapat dilakukan dengan ibu jari atau dengan jari lainnya, disesuaikan dengan kebutuhan dan banyaknya penekanan terhadap tempat-tempat utama pada zona refleksi telapak kaki, ibu jari (atau jari-jari) akan cepat lelah dan persendian mulai sakit. Akan tetapi, hal ini dapat dihindari dengan melakukan beberapa latihan sederhana untuk memperkuat tangan. Gala (2009) memberikan petunjuk praktis untuk latihan pelemasan jari tangan sebelum melakukan pemijatan. Tips Sebelum Pemijatan. Pada gambar (A): Berdiri dalam pose &